Selasa, 14 Juni 2011

Mengangkat Harkat Cina Benteng Lewat Film

Sebagai seorang keturunan Tionghoa Tangerang atau yang lazim dipanggil dengan sebutan Cina Benteng (Ciben), Stephanie Ciamaludin atau yang biasa dipanggil Stevani punya satu cita-cita mulya yakni ingin mengangkat harkat komunintas ini. Salah satunya lewat dunia layar lebar.
“Saya cuma ingin mengangkat citra komunitas Cina Benteng menjadi lebih baik di masa mendatang. Sebab banyak sekali orang memandang rendah komunitas ini, padahal mereka juga punya potensi,” papar perempuan kelahiran Tangerang, 1993 lalu ini kala ditemui Tangsel Raya.
Jebolan SMA Strada Tangerang ini mengaku bahwa dia berharap melalui pembuatan film “Sian dari Sewan” yang akan dibintangi ini tak ada lagi diskriminasi terhadap masyarakat Tionghoa umumnya dan kelompok Cina Benteng khususnya. “Pokoknya saya berharap etnis Tionghoa tak terdiskriminasi lagi,” ujar gadis yang punya warna favorit hitam dan putih ini.
Stevani sendiri mengaku cukup kaget ketika diminta sutradara untuk bermain dalam film ini. “Tapi akan saya coba terutama untuk menambah pengalaman,” papar pemilik tinggi 172 cm ini.
Menurut Sutradara Film “Sian dari Sewan”, Aryawirawan Simauw selain sebagai alat perjuangan untuk menghapuskan diskriminasi terhadap etnis Tionghoa, film ini juga dipersembahkan khusus untuk mengenang Teguh Karya sebagai maestro film tanah air.
“Sebab sebagai seorang warga keturunan Tionghoa Banten, Teguh pernah mengeluhkan tentang proses pencarian jati diri kelompok ini yang tak pernah usai padahal mereka sudah diam dan menetap beberapa generasi. Maka melalui film ini kami ingin membantu saudara-saudara kami etnis Tionghoa dalam melawan diskriminasi itu,” papar Arya.
Film “Sian dari Sewan” ini sendiri akan mulai digarap Agustus 2011 mendatang dengan mengambil setting kisah cinta di balik peristiwa penggusuran Sewan beberapa waktu lalu. Dalam cerita ini juga akan diambil tema bagaimana terjadinya hubungan cinta antara suku Tionghoa (Sian) dengan pemuda non-Tionghoa. (w-2)

sumber http://www.tangselraya.com/profil/49-profil/1536-mengangkat-harkat-cina-benteng-lewat-film.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar